MOTIVASI SKRIPSI ?

OH, hayyy kamu yang sedang ngerjain skripsi di tengah malam, di sudut cafe sendirian, di sudut kamar atau kost menatapi layar laptop hampa, kamu harus tau banget kalau kamu itu gak sendirian, jangan merasa sekarang kamu lagi sendirian trus yang kaya gitu cuman kamu doang. tenaanngg kamu banyak temannya... kayanya kalau udah kaya gini biasanya ngerasa putus asa, males ngerjain, udah gak butuh lagi tuh yang namanya motivasi dari luar (misalnya dukungan teman atau siapapun itu) sekali lagi gue tekananin kalau kamu gak sendirian. oke ? sebenarnya sepenting apa sih motivasi untuk sekarang yang sedang buntu ngerjain skripsi ? banyak banget sih bilang kalau gak guna hahaha... well, satu hal yang lu harus iangat "hari ini akan berlalu" apapun alasannya semua akan cepat berlalu, jaddiiiiiiiiiiii..... tetap tenang.
btw aku kenalin, aku baru aja lulus tahun kemren ya 2019, (hahahah ya lu enak udah lulus!!) hahah bukan itu, ngerjain skripsi selama 2 tahun emang bikin gila, perlu diingat gue bukan lulusan tepat waktu, 12 semester gue jabanin. gue gak bakal sharing masalah hidup disini, karena gue yakin banget lu yang sedang baca sampai bagian ini adalah sama dengan gue, "kita punya masalah". kayanya masalahnya kagak kelar-kelar nyamperin dan ngetawain diri kita sendiri, dan paling utama adalah rasa MAAALLLEEEESSSSS YANG LUAR BIASA ! plisss kali ini lu dan gue gak bisa nepis masalah "males" ini dari sekian masalah yang ada.
"ah dosen gue killer" 
"doseennn gue sibuk banget" 
"ihh gue takut sama dosen"
"gue gak paham sama penelitian gue nih"
"capek gue ngerjain bab 1 kagak kelar-kelar"
"duh gue banyak kerjaan nih"
"guee males banget gila !!"
"SUMPAH YYAAA GUE PUSING MUAALL BANGET NGERJAIN INI"
"dosen gue ngeribeti sumpah"
"revisi muuuullluuuuuuu"
"gue punya masalah keluarga yang orang lain gak punya"
"duh nyokap sakit"
"gue kudu partime kerja nih"
dan, kita bisa menambahkan sesuka hati kita tentang "masalah kita", daaannnn gue bilang ke lu lagi, kalau lu gak sendiriannnn. kadang kita menjadi sama, sama-sama gak ada gunanya. padahal kuliah bisa jadi pilihan kita sendiri, dan kalau lu udah masuk semester 2 digit, lu gak bisa punya alasan "lah yang pengen gue kuliahkan ortu gue bukan gue" duh pliss laahh kenapa gak nyadar dari semester awal ya minimal semster 5 lah. gila apaluuu ?? hahah becanda tapi bener kan. kayanya sekarang kudu jahat sama diri sendiri, memaksakan dirisendiri, jatah kuliah itu 7 tahun dengan 14 semester, beruntung bagi lu yang ambil cuti dan sesuka hati menambahkan semester lu jadi 15 ? 16 semester ? tapi kalau masa study lu masuk masa rentan, dengan masalah baru seperti, kampus gak peduli sama lu, kaprodi gak peduli sama lu, dan parahnya ortu udah angkat tangan sama lu dan beruntungnya ortu masih sangat peduli sama lu, ini saatnya lu harus pake topeng poweranger. konsisten dan bertanggung jawab sama apa yang lu jalanin sekarang. setidaknya lu berusaha lebih sedikit, sedikit demi sedikit. gue yakin yang jadi motivasi sekarang adalah kelar sidang, wisuda mah gampang HAHAHAH, kelarin bab 12345, lampiran, sama dapus. dan sekali lagi gue tekannin "lu gak sendirian" tapi tinggal lu yang gerak sih, masa rentang 2 digit mah teman-teman lu udah pada kemana kali hahahaha, tapi lu kudu bahagia kalau diantara teman-teman lu itu ada yang masih peduli, kalau gak ? yaudah lu jalan aja sendiri, gue yakin lu bisa sih. PASTI !!
"YA TRUS GUE HARUS GIMANA BAMBANG ? gue pusing banget sma penelitian gue, dosen gue bodo amat lagi!"
hahaha kadang yang kaya gini bikin males ke kampus dan bimbingan, gue ada tips sih moga aja bergunaaa.

  1. NGOBROOOLLLLL, obrolin masalah penelitian lu sama temen dan dosen, setidaknya ada jalan keluar, ya bisa gila lu kalau mikirin sendiri hal yang sudah bikin sakit kepala, kelar kagak, pingsan iya.
  2. CARI REFERENNSSIII,,, klise kalau ini mah hahahaa, tapi bener kan ? setidaknya bisa membantu tips pertama, lalu ngobrol lagi cari referensi yang sama dengan penelitian lu
  3. CARRIIII JUDUL YANG MUDAH... ah gue mau skripsi gue keren, plis yaa lu udah semester 2 digit dan lu bentar lagi DO buang semua ego anda wahai mahasiswa sepuuhhh..
  4. PAKSAIN NGERJAIN ! ini harus sih, mau gak maauuu gimana modelnya minimal tiap hari lu tatapin dah tuh laptop ato revisian luuuu
  5. MANUSIAAA MUKA TEMBOOKK.... udah pasti jadi bulanan dosen muka lu, salah ya wajar majooo terooss, ngantri berjam-jam jabanin aja, pas seminar proposal ato sidang sekali pun, lu tetep pede ajaaaa
  6. PAHAM SAMA PENELITIAANNN... tolonglah setidaknya lu paham sama isi penelitian lu, ini akan memudahkan lu menghadapi pertanyaan dosen yang super duper nyebelin
  7. JANGAN MENGASIHI DIRI SENDIRI... hahaha ampuh sih ini, sayang boleh tapi kalau udah masalah kaya gini lu kudu sedikit jahat sama diri lu sendiri.
  8. SEMUA ORANG PUNYA MASALAH gak cuman lu yaaaa
  9. LU BELI AJAAA UDEH hahahahaha.... tips terakhir ini ada catatan sih, setidaknya lu tau tips ke 6, udeh paling aman. kalau lu gak ada uang yaaa ngerjainlaah
hahaha itu aja kali yyaaaa... kalau kamu masih semester 1 atau 2 baca ini, welcomeeee hahahah atau mungkin ada yang lulus tepat waktu teng! lu bisa sih share pengalaman dan tips wkwkwkw, karena gue bukan orang yang lulus tepat waktu. hahaha percayalah gue adalah manusia yang punya target lulus tepat pada waktu pada masanya dan setelah melewati target... yaaaaa yaudahlaahhh.. hahahahahh semangat ya kamu. gue yakin sih lu bisaaaaa............... (ya kalau lu pen nyelesein sih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOKO ALAT LUKIS DI SAMARINDA

WELCOME SEMESTER GENAP !!