Ngetrip Sendiri SAMARINDA-MALANG || JAKARTA - MALANG

SAMARINDA-MALANG, JAKARTA-MALANG, SENDIRI ?

Oh haiiii… seperti judulnya, ini jadi pengalaman pertama ke Malang sendiri ? emang sebelumnya sudah pernah ? Gaaaakkk pernah hahahaha. Untuk kamu yang tinggal di Samarinda mungkin bisa jadi referensi yang pengen ngetrip sendiri ke kota Malang. Atau dari Jakarta – Malang ?

Trip kali ini aku udah rencanain jauh-jauh hari hahaha, setelah mendapatkan ijin dari ortu dengan syarat menyelesaikan skripsi. Sebenarnya ke Malang adalah salah satu kota yang aku tuju trip kali ini, karena total perjalanan aku selama 17 hari, tapi aku akan lebih fokus ke Kota Malang ini.

Sebulan sebelumnya aku udah book tiket pesawat, kereta dan penginapan menggunakan e-comerce di traveloka, tokopedia, dan tiket.com. banyak cerita yang gak diduga kalau jalan sendiri kaya gini hahaha…

1.     Aku beli tiket pesawat samarinda-jakarta seharga Rp. 1.447.500,- batikair.
§  (kok kejakarta sih ? iyah kemaren itu sekalian dateng di nikahan temen aku di Jakarta, jadi sebenanrnya kalian bisa skip bagian ini dan selanjutnya, karena kalian bisa langsung beli tiket samarinda-malang atau samarinda-sby dengan harga kurang lebih Rp. 750.000 dengan maskapai lionair aku saranin memilih  penerbangan samarinda-sby karena lebih banyak jam penerbangannya ketimbang smd-mlg)
§  alternative lainnya adalah naik kapal, kalau kalian pengen coba via laut kalian bisa beli tiketnya di PELNI deket pelabuhan Samarinda atau buka di aplikasinya, harganya cukup terjangkau ekonomi sekitar Rp. 310.000 dan VIP Rp. 540.000 (tapi aku gak bisa kasih rekomendasi kalau kalian ngetrip sendiri dan kamu perempuan) pake kapal dengan jangka waktu 24 jam selain itu kalian harus memperhatikan keamanan sih.

2.     Lucunya pas jam penerbangan aku di bandara Samarinda, itu di cancel Karena ada perbaikan bandara, jadi aku harus pergi ke kota Balikpapan. Aku lebih memilih naik travel ketimbang naik transportasi khusus ke bandara ‘itu’ yang harganya lebih terjangkau naik travel seharga Rp. 80.000 sedangkan naik ‘itu’ seharga Rp. 170.000,- oh, no way!

3.     Jadi sebenarnya aku dijakarta itu 4 hari, tapi aku skip cerita ini ya dan point 3 ini bisa jadi referensi kamu yang lagi dijakarta dan pengen ke Malang juga hehehe… aku memutuskan untuk naik kereta ke Malang dengan jangka waktu 17 jam, tujuan Pasar Senen-Malang pake kereta JAYABAYA dengan harga Rp. 283.000. karena berangkat sore ke pasar senen ampe lupa waktu, jadi nyampe stasiun senen gue kudu lari sih untuk cetak tiket dan parahnya gue bener-bener gak sempat beli makanan buat 17 jam kedepan hahaha. Ini jangan di contoh sih, gak baik untuk kesehatan dan kantong lu, jadi akhirnya gue terpaksa beli makanan di kereta yang sungguh menyedihkan hahaha.

§  Jadi ini pengalaman pertama gue 17 jam naik kereta dengan kursi yang sandarannya itu lurus kek tembok hahaha (sebenarnya gue pernah ke Jogja-jakarta naik kereta dan Jakarta-purwokerto yang ditempuh kurang lebih 12 jam), tapi gue menikmati banget sih, pilihan yang tepat dengan jadwal berangkat sore jadi malam di kereta pagi udah diMalang, dan yaa gue seneng banget pagi hari udah disambut dengan sawah dan gunung-gunung yang emang jarang banget gue liat kalau di Samarinda.
§  Oiya sebenarnya ada tiket kereta yang lebih murah dari JAYABAYA, Matarmaja kalau gaksalah dengan berbedaan harga ampe 100k, tapi perlu kalian tau jarak antara kursi didepan lu itu deket banget sih, jadi lu bisa ketemu lutut sama lutut sama penumpang lainnya hahaha kebayangkan ?
§  Gue nyampe di stasiun Malang sekitar jam 7 pagi, wah sebahagia itu gue nyampe Kota Malang, gue sudah punya random jadwal yang gue buat sendiri. Ketika keluar dari stasiun Malang cukup jalan beberapa meter udah nyampe ikon Malang yaitu ‘Alun-alun kota Malang’, nah tujuan gue hari itu sebenarnya langsung ke Kota Batu, Malang. Sekitar satu jam dari Kota Malang.

4.     Nah menuju Kota Batu itu banyak pilihan sih gak usah khawatir takut nyasar, kalian bisa pakai transportasi online, taxi, ato naik angkot. Kalau aku memutuskan untuk naik angkot hahaha seru kali yaaa dan udah pasti hemat, karena naik transportasi online itu bisa ngeluarin budget 50k ampe 100k, sedangkan naik 2 angkot cuman 10k dan sudah nyampe di terminal Kota Batu.
§  Gue saranin untuk naik angkot jauh dari stasiun Malang, biar gak terlalu lama ngetime, makannya gw memutuskan jalan kaki sekitar 100 m ke alun alun Kota Malang, ampe di Alun-alun itu jujur gue sempat bingung, karena  posisinya di tengah dengan banyak jalur, gue harus perhatiin angkot ke arah terminal Landungsari, dengan kode ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL (Arjosari-Landungsari) angkot warna biru, pokoknya langsung naik aja gak usah pake nanya hahaha, tarifnya Rp. 5.000,- dengan waktu tempuh sekitar 30 menitan.
§  Kalau udah nyampe terminal landungsari, turun diluar aja gak usah masuk biasanya sudah ada di pinggir jalan gitu, lanjut naik angkot yang warnanya UNGU biar gak ngetime terlalu lama. Tarifnya sama kok Rp. 5.000,- gak usah pake nanya yaa (btw ini tariff desember 2019, ralat ya kalau udah naik) dan ini ditempuh juga selama 30 menit.
§  Pemberhentian terakhir pake angkot UNGU di terminal Batu, well lagi-lagi gue bahagia banget dan bersyukur akhirnya nyampe di Kota Batu. Yang gue rasain pertama kali itu Kota Batu dingin, duh gue suka banget sih kota yang dingin kaya gini, ternyata gue menemukan kota dingin selain Ciwidey dan lembang di Bandung.
§  Nyampe terminal gue memutuskan untuk bersih-bersih di mushola terminal yang lumayan bersih, gue berterimakasih banget sama Alloh yang sudah ngasih kesempatan di perjalanan ini.

5.     Perkiraan gue nyampe kota Batu itu jam 10 pagi ternyata lebih cepat 2 jam, sekitar jam 8 pagi gue udah di alun-alun Batu Malang, dengan ikon Apel. Menikmati suasana yang begitu tenang, ya mungin masih pagi jadi belum terlalu banyak pengunjung yang datang. Sekitar jam 9 alun-alun mulai rame, dan sekalian aja nyoba bianglala seharga Rp. 5.000,- sekalian nikmati alun-alun kota batu dari atas.
§  Nah dideket alun-alun kota Batu ini ada pos ketan – legenda 1967 yang terkenal banget, letaknya pas dibelakang alun-alun. Cari aja tempat yang banyak menjual makanan, tempatnya gak besar dan sedikit nyempil untuk harganya lumayan terjangkau, porsinya kecil sih tapi ngenyangin.
6.     Setelah puas menikmati alun-alun Batu yang sejuk gue memutuskan untuk ke penginapan, ya setelah gue rasa langit mulai mendung sih tepatnya. Penginapan gue di Kota Batu ini cukup strategis. dari alun-alun gue pake ojol seharga Rp. 9.000,-
·      Dan nyampe penginapan gue jam 11. Karena check in jam 2 ya jelas gue nunggu di lobby, selang beberapa menit gue udah dikasih kunci kamar aja, hahaha beruntung sih. Karena kota Batu langsung diguyur hujan dan gak tau kenapa gue langsung tepar aja gitu dikasur.
·      Nama penginapan gue ini “sahabat backpacker” harganya cukup terjangkau sih, cuman Rp. 70.000/night aku book di traveloka, kamar bersih (kipas), walaupun shared bathroom diluar kamar tapi bersih banget dong, duh ini aku suka banget sih. Selain itu Akses 24 jam, dan maz-maznya ramah.
·      Setelah tidur pulas gue melanjutkan agenda yang udah gue buat yaitu ke museum angkut, 8 menit dari penginapan dan gue memutuskan untuk jalan kaki,  well gue udah duduk dikereta 17 jam gue pikir sekalian olahraga dan sekali lagi gue bilang Batu dingin menurut gue.
7.     perlu jadi catetan sih untuk tau jadwal masuk museum angkut dan tempat wisata lainnya, biar gak zonk gitu. Nah museum angkut ini buka jam 12 – 8 malam dengan biaya 100k. emang cocok sebenarnya kalau ke museum angkut ini ramean. Tapi tenang bisa dinikmati sendiri kok hahaha. Isinya beraneka ragam sih, dari museum transportasi umum-khusus, miniature beberapa Negara, dan kalian langsung bisa cek instagramnya atau linknya di internet.
8.     Nah malamnya gue ke BNS (batu night spectakuler) katanya kurang lengkap kalau ke Kota Batu gak ke BNS, tiket masuknya ada dua pilihan mau terusan atau gak, gue memilih yang gak jadi cukup Rp.30.000,- karena kemren pas di Jakarta gue udah ke dufan jadi untuk menghemat budget hehehe.
  •       Di BNS gue gak lama, memilih istirahat cepat karena jam 12 malam gue balik ke Malang dan melanjutkan perjalanan ke Bromo via trip, ikutan trip lepas gitu yang ada di instagram dan menerima pengujung sendiri kaya gue.
  •      benar aja sekitar jam 12 lewat gue udah dijemput dipenginapan yang belum gue tidurin semalem eh gitu kan hahaha, untung gue gak ada niatan untuk tidur atau baring-baring, takut bablas, jadi sekitar jam 12 gue udah nunggu di lobby, nah ini dia aku bilang mas-masnya ramah, atau terpaksa ya takut gue bobol resepsionisnya, doi nungguin gue ampe dijemput sama si driver trip.
  •      perjalanan gue menuju Malang cukup menegangkan sih, soalnya di driver ngantuk dong, alhamdulillah gak kenapa-napa nyampe lah ke tempat driver sesungguhnya yang bakal nganter kita ke bromo dengan mobil jeepnya. biaya trip ini macem-macem sih, kaya